Bahas Penetapan RKPDes Tahun 2023, Pemerintah Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Gelar Musyawarah

Lampung Barat, beritaterbit.com – Setelah Pemerintah Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan (DU-RKP) Tahun Anggaran 2024, Badan Permusyawaran Desa (BPD) Lampung Barat menggelar Musyawarah Desa (MUSDES) Pembahasan dan Penetapan RKP Desa Tahun Aggaran 2023 dan DU RKP.

Musyawarah Desa yang diadakan di kantor Pekon Padang Dalom dihadiri Pratin Endra Gunawan, unsur Kecamatan Balik Bukit, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lembaga Himpun Pekon (LHP), Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh Pemuda serta unsur perwakilan perempuan dan seluruh Perangkat pekon, Pendamping Desa, TP PKK, Ketua RT dan RW, LKMD, KPMD, Guru PAUD dan perwakilan dari RTM, Selasa (27/9/22).

Adapun kegiatan secara garis besar meliputi paparan dari Tim Penyusun yang sudah dilakukan koreksi/perubahan saat Musrenbangdes lalu. BPD yang difasilitasi oleh Pemerintah pekon menyelenggarakan Musyawarah Desa dengan agenda antara lain Pembacaan/Pelaporan Hasil Rancangan RKP Desa dilanjutkan Pembahasan dan Penetapan RKP Desa dan dituangkan dalam matrik rencana Program dan Kegiatan Tahunan.

Bidang pemerintahan yaitu untuk pemenuhan kebutuhan dasar/rutin seperti Penyelenggaraan Belanja Siltap Kades, Perangkat Desa, Operasional Pemdes, Tunjangan BPD, Penyediaan Insentif RT dan RW, serta kegiatan rapat-rapat dan penyusunan Laporan-laporan.

Bidang Pembangunan pekon meliputi pendidikan, kesehatan, padat karya tunai, infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan secara garis besar meliputi Dukungan Pelaksanaan Upacara Keagamaan, Kegiatan Lomba-Lomba, Pembinaan PKK dan lembaga lainnya.

Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi Penguatan ketahanan pangan Desa serta Peningkatan Kapasitas Kades, Perangkat Desa dan BPD, Pelatihan dan Penguatan Penyandang Difabel serta Dukungan Penanaman Modal BUMDESMA dan Rehab Kios Pasar Desa. Selain itu untuk Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak.

Dalam kesempatan ini Endra Gunawan selaku Peratin Pekon padang dalom menyampaikan, “Seluruh kegiatan tertuang dalam matriks RKP Desa Tahun 2023. Sebelum acara ditutup dilaksanakan Penandatangan Berita Acara Penetapan RKP Desa yang diwakili oleh Peratin, Ketua BPD serta Perwakilan Peserta Musdes. Yang oleh Peratin diserahkan kepada Ketua BPD untuk dibahas lebih lanjut di Musyawarah BPD dalam Penetapan Peraturan Desa tentang RKP Desa Tahun Anggaran 2023 dan Pemilihan Delegasi Desa yang akan mengawal Daftar Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang di usulkan ke Musrenbangcam Tahun 2023,” ujarnya.

Endra juga nenambahkan, hasil dari musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa dimana skala prioritas tersebut harus disesuaikan dengan Pagu anggaran untuk Tahun 2023.

Beliau juga berharap hasil dari musyawarah RKP ini menjadi prioritas di tahun 2023 dimana pembangunan sangat dibutuhkan oleh yang masyarakat yang sifatnya mendesak, pungkasnya. (Komar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.