Bengkulu Kirimkan 4 Orang Perwakilan Dalam Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu telah mengumumkan bahwa audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat provinsi dimulai pada tanggal 7 Juli 2023. Audisi ini bertujuan untuk menyeleksi 40 peserta generasi muda terbaik dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Saidirman SE,M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan audisi berlangsung di Teater Tertutup Taman Budaya Kota Bengkulu pada hari Jumat, 7 Juli 2023.

Peserta yang diharapkan berusia antara 16 hingga 22 tahun melalui proses seleksi ketat untuk memperebutkan empat tempat sebagai wakil Provinsi Bengkulu dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara tahun 2023.

“Kegiatan audisi sudah dimulai, dimana diseleksi sebanyak 40 orang nantinya akan disaring menjadi 4 orang untuk menjadi wakil Provinsi Bengkulu dalam Paduan Suara Gita Bahana Nusantara tahun 2023,” kata Saidirman.

Dalam acara kenegaraan tersebut, keempat wakil Provinsi Bengkulu akan bergabung dengan 136 vokalis dan 70 pemusik terbaik hasil audisi dari 34 provinsi di Indonesia. Acara-acara tersebut termasuk Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada 16 Agustus 2023, Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2023, serta Peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2023.

“Jadi banyak acara yang akan diikuti oleh para peserta audisi yang berhasil mewakili Bengkulu nanti,” tuturnya.

Seperti diketahui, Gita Bahana Nusantara (GBN) merupakan grup paduan suara yang menjadi wadah bagi generasi muda di seluruh Indonesia untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka dalam seni suara terkait dengan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu khas daerah.

Program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI untuk menemukan dan menyaring pemuda dan pemudi berbakat yang akan tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Negara.

“Ini adalah audisi yang didukung Kemendikbudristek RI untuk menemukan dan menyaring pemuda dan pemudi berbakat yang akan tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Negara,” tutupnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Adang Parlindungan SH,M.Pd selaku Ketua Panitia Penyelenggara, menyatakan bahwa para juri audisi akan didatangkan langsung dari pusat untuk menilai peserta dengan adil dan objektif.

Proses seleksi akan melibatkan jenis suara sopran, alto, tenor, dan bass sesuai rekomendasi dari tim juri. Peserta yang berhasil akan dikirim untuk mengikuti pemusatan latihan yang diselenggarakan oleh panitia pusat.

“Untuk juri akan didatangkan langsung dari pusat untuk menilai peserta dengan adil dan objektif,” ungkap Adang.

Sementara itu, Ketua Pembina Gita Bahana Nusantara Provinsi Bengkulu, Hj. Derta Rohidin, menyambut baik diselenggarakannya kembali audisi Gita Bahana Nusantara. Menurutnya audisi ini sebagai wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda yang inklusif dari Sabang sampai Merauke.

“Saya berharap pemuda dan pemudi Bengkulu memanfaatkan kesempatan berharga ini dan ikuti audisi ini dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.