ASIDEWI Provinsi Bengkulu Sebagai Penggerak Tumbuh Kembang Desa Wisata

Bengkulu, beritaterbit.com – Ketua ASIDEWI Provinsi Bengkulu Suimi Fales SH MH menyampaikan, ASIDEWI ini merupakan organisasi non pemerintah yang dibentuk dengan tujuan menjadikan kearifan lokal menuju desa wisata, dimana ASIDEWI aktif menginisiasi terbentuk dan berkembangnya desa-desa menjadi destinasi wisata unggulan.

“Kita ingin wisata desa menjadi bagian penopang bangkitnya kearifan lokal menuju desa wisata bermartabat,” ujar Suimi Fales, Rabu (25/7/22).

Keberhasilan pengembangan desa wisata tergantung pada tingkat penerimaan dan dukungan masyarakat lokal. Masyarakat lokal nantinya akan berperan sebagai tuan rumah dan menjadi pelaku penting dalam pengembangan desa wisata dalam keseluruhan tahapan, mulai dari perencanaan, pengawasan, dan implementasi.

Memang butuh proses panjang untuk meyakinkan masyarakat luas mengenai pengembangan potensi melalui desa wisata. Untuk itu, diperlukan suara local champion maupun tokoh masyarakat yang berpengaruh serta memiliki rekam jejak yang bersih dan mulia.

“Tidak ada desa yang tanpa potensi. Setiap desa pastinya memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Potensi terbesar dalam pengembangan desa wisata adalah kreativitas manusia. Untuk itu, tahapan kedua dalam pengembangan desa wisata adalah melakukan identifikasi potensi,” jelasnya.

Proses penyediaan fasilitas umum dapat dikerjakan dengan mempertimbangkan skala prioritas. Artinya, penyediaan fasilitas umum haruslah disesuaikan dengan kemampuan finansial desa wisata dan masyarakat yang akan mengelolanya.

Desa wisata dilihat sebagai salah satu alat untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi, juga meningkatkan pendapatan desa. Wajar saja, pengembangan desa menjadi desa wisata cukup tren belakangan ini. Namun fatalnya, banyak desa wisata yang tidak memiliki nilai keunikan akibat terlalu menduplikasi atraksi. (R/adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.