Asidewi Minta Pemkab di Bengkulu Maksimal Kawal Desa Kembangkan Wisata

Bengkulu, Beritaterbit.com – Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales meminta Pemkab di Bengkulu lebih maksimal dalam mendukung pengembangan Desa Wisata baik dari sisi pendampingan maupun anggaran.

Asidewi menilai sejauh ini, Desa terkesan bergerak sendiri dalam menggali dan mengembangan potensi wisata yang ada di Desanya. “Support Dinas Tekhnis di Pemkab sampai saat ini, masih jauh dari harapan. Desa berinisiatif sendiri, mengembankan pengelolaannya sendiri dengan serba keterbatasan, dan mendanainya sendiri,” ujar Ketua Asidewi Provinsi Bengkulu, Suimi Fales, Rabu (11/7/2022).

Ia menyebutkan, banyak potensi yang dimiliki oleh Desa untuk dikembangan menjadi salah satu destinasi wisata. Bahkan tidak sedikit yang ramai dikunjungi wisatawan.

“Meski sudah berjalan, bukan berarti sama sekali tidak ada kendala, makanya back-up Pemerintah Daerah sangat penting,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Wan Sui menyebutkan, kendala yang dihadapi yaitu minimnya sumber daya manusia (SDM) kompeten yang dimiliki desa sebegai pengelola. Disamping itu, keterbatasan anggaran juga menjadi kendalanya.

Untuk itu, Suimi Fales meminta Raperda Pemberdayaan Desa Wisata diharapkan dapat mendorong Dinas Tekhnis di Pemkab dalam melakukan pendampingan dan fasilitasi pengembangan termasuk dukungan anggaran terhadap Desa untuk memajukan wisata.

“Disamping itu, kita juga meminta semua pihak bekerjasama dalam mengembangkan Desa Wisata, sebab Raperda Pemberdayaan Desa Wisata tidak akan berdampak positif tanpa sinergitas semua elemen memajukan Desa Wisata,” pungkasnya. (R)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.