Arang Batok Kelapa, Peluang Usaha Yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

BENGKUlU, beritaterbit.com – Evi (40), warga Kelurahan Sumur Meleleh, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, sudah hampir 18 tahun melakoni dan bergelut dengan usaha arang dari tempurung kelapa ini. Usaha sejak tahun 2000 tersebut bisa menghidupi empat orang anak dan satu orang istri.

“Awal minat jadi usaha arang ini lantaran saat itu kebutuhan arang cukup tinggi dan sehingga dirinya berniat untuk membuka usaha arang dari tempurung kelapa itu,” ujarnya.

“Saya tinggalnya tidak jauh dari pasar, sehingga untuk mencari bahan baku tempurung atau batok kelapa juga sangat mudah, tidak harus membeli batok dan tempurung,” ungkap Evi saat sedang membakar tempurung kelapa, Senin (16/04/2018).

“Usaha arang tempurung kelapa ini, selain mudah dikelola juga tidak repot melakoninya dan cukup menggunakan bak tempat pembakaran yang berukuran 3 kali 4 meter sudah bisa membakar tempurung kelapa menjadi arang,” katanya.

“Sedangkan target untuk satu hari, bisa membakar tempurung ini 10 karung tempurung Kelapa itu pun kadang kala masih kurang untuk kebutuhan konsumen memesan arang itu
kepadanya,” tambahnya.

Usaha arang yang dikelola Evi tersebut dibantu oleh anak dan istrinya, seperti membersihkan tempurung kelapa, karena sebelum di bakar tempurung ini harus dibersihkan dan dijemur supaya kualitas arang lebih bagus.

Seteleh melalui proses pembakaran dalam bentuk Arang jadi, arang tersebut dimasukkan dalam karung.

“Arang ini sudah ada yang memesannya seperti pedagang sate, jagung bakar dan rumah makan juga menggunakan arang itu dan setiap hari arang terjual 30 dan 50 karung arang di jualnya dengan pedagang,” kata Evi.

Sejak usaha arang ini, Evi bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga dan juga bisa sekolahkan 4 orang anaknya dan hingga kini usaha ini terus di lakoninya.

Untuk sementara dan hingga usaha ini ia jalani, belum ada sentuhan pemerintah setempat untuk mensuport dana pinjaman kepadanya. Padahal, dirinya berharap ada sentuhan dan bantuan dari Pemda Kota melalui Dinas terkait.(CW)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.