Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades 2023, Kapolres Purwanto Sawahlunto Sampaikan Enam Penekanan

Sawahlunto, beritaterbit.com – Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos menyampaikan enam penekanan kepada seluruh Personil Polres Sawahlunto untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Pengamanan Pilkades serentak tahun 2023 di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Sawahlunto. Hal itu disampaikan saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2023, Selasa (16/05/2023) di Lapangan Apel Mako Polres Sawahlunto.

Apel Gelar Pasukan diikuti oleh Waka Polres Sawahlunto, Para Kabag, Kasat, Kasie, Kasubbag, Kapolsek Sejajaran dan seluruh Perwira maupun Personil Polres Sawahlunto.

“Pilkades adalah salah satu perwujudan pelaksanaan Demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat Desa untuk memilih Kepala Desa,” ucap AKBP Purwanto dihadapan Personil Polres.

Selanjutnya Kapolres Purwanto mengatakan, Polri sebagai fungsi Pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar.

“Di Kota Sawahlunto pelaksanaan Pilkades dilaksanakan di 3 (tiga) Kecamatan, 9 (sembilan) Desa, 35 (tiga puluh lima) TPS yang terdiri dari Kecamatan Silungkang 3 (tiga) desa, 11 (sebelas) TPS, Kecamatan Lembah Segar 2 (dua) Desa, 6 ( enam) TPS dan Kecamatan Talawi 4 (empat) Desa, 18 (delapan belas) TPS,” sebut Kapolres merinci.

Adapun 6 penekanan yang disampaikan Kapolres Sawahlunto yaitu, Pertama Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama Kegiatan pengamanan, niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, laksanakan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Ketiga, laksanakan tugas secara profesional, dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun sebagai wujud representasi negara ditengah masyarakat.

Keempat, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat.

Kelima, dorong para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dan yang keenam, mantapkan kerjasama, sinergitas, dan soliditas TNI-Polri serta para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap Kapolres mengakhiri amanatnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.