AOE 2021, Ajang Promosi dan Tarik Investor Bagi Tanah Datar

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE mengikuti Kegiatan Tahunan APKASI Otonomi Expo (AEO) yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara yang digelar di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat ini dibuka Presiden Rabu (20/10/2021) kemarin dan rencananya akan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang di Jakarta Convention Centre (JCC).

Acara diikuti oleh Kementerian, Pemerintah Provinsi, BUMN dan seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan APKASI Expo 2021 menjadi ajang memperkuat kerja sama perdagangan antar daerah.

Jokowi juga ingatkan agar Pemerintah Daerah tidak melupakan pasar dalam negeri saat memperluas jangkauan ekspornya, karena Indonesia memiliki jumlah penduduk besar dan sangat potensial menjadi tujuan ekonomi.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra saat berkunjung ke stand promosi daerahnya mengatakan momentum ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi daerah dan menarik investor yang berkenan menanamkan modal di Luhak Nan Tuo.

Adapun potensi yang ditawarkan dari Tanah Datar tahun ini diantaranya : pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan. Untuk bidang pariwisata diantaranya Geopark Singkarak. Dan untuk bidang pertanian, varietas unggul pertanian bawang merah Sumbu Merapi termasuk tomat yang memiliki prospek tinggi untuk dikembangkan di Tanah Datar.

Ditambahkannya, secara umum pariwisata Tanah Datar sudah memiliki modal dasar yang mampu memberikan kesan sangat luar biasa bagi pengunjung.

“Tanah Datar mempunyai alam yang indah, kuliner yang lezat, budaya yang masih kuat dan adat istiadat yang menarik, sayang untuk dilewatkan tentunya,” ujar Bupati Eka Putra.

Eka Putra juga jelaskan bahwa Tanah Datar juga mempunyai potensi pada sektor hortikultura di antaranya buah sawo dengan rata-rata produksi 17,5 ton/hektar. “Saat ini sawo baru sebatas buah segar, namun nantinya bisa dikembangkan menjadi industri olahan seperti selai, sirup dan makanan olahan lainnya,” sambung Bupati.

“APKASI Otonomi Expo tahun 2021 juga diisi dengan Business Matching, ajang pertemuan dengan investor inilah yang harus kita maksimalkan untuk bisa melahirkan kerjasama antara kedua belah pihak,” pungkas Eka Putra. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.