Antisipasi Kerusakan, Warga Desa Kumitir Tutup Akses Jalan Masuk Area Makam

Mojokerto, beritaterbit.com – Banyaknya warga yang berkunjung ke penemuan situs dekat makam di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat melakukan antisipasi terjadinya kerusakan area makam.

Guna antisipasi kerusakan area makam, warga menutup akses jalan masuk menuju makam dengan menggunakan palang dari bambu.

Kepala Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto Khoirun mengatakan, warga memang tidak memperbolehkan makam umum untuk dibuat jalan, baik pengunjung maupun pekerja situs.

“Desa akan membuatkan jalan akses ke situs di tanah Tanah Kas Desa (TKD) yang posisinya sebelah selatan makam umum,” jelas Khoirun saat dikonfirmasi beritaterbit.com melalui Aplikasi WhatsApp (WA), Sabtu (17/4/2021).

Disinggung terkait kompensasi, Kades menjelaskan kalau
kompensasi masuk rekening kas desa, maunya diminta oleh warga dusun.

“Rencananya dengan kebijakan, kami menunggu ada perubahan untuk membangun pagar makam umum Dusun Bendo,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Kades, besaran kompensasi periode Tahun 2020, berkisar Rp 30 jutaan.

“Untuk Tahun 2021, kami belum tau persis, informasinya sudah masuk rekening,” pungkas Khoirun.

Perlu diketahui, informasi yang masuk ke beritaterbit.com, penutupan akses jalan masuk makam, disinyalir adanya dugaan kompensasi yang belum diberikan ke warga. Bagaimana tanggapan Kepala Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Ikuti pemberitaan beritaterbit.com selanjutnya. (Ar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.