Angin Kencang Landa Aceh Besar, Belasan Pohon Tumbang Tutup Ruas Jalan

Aceh Besar, Beritaterbit.com – Angin kencang melanda Aceh Besar sejak Sabtu (28/5) dan belasan pohon tumbang menutupi ruas jalan di beberapa titik. Petugas pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar memotong bagian pohon tumbang yang merintangi ruas Jalan Nasional sehingga tidak memacetkan arus lalulintas.

Murdani warga setempat kepada wartawan, Minggu (29/05/2022) mengatakan, selain menumbangkan kayu yang menutup ruas jalan, angin kencang juga menerbangkan atap seng rumah penduduk.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil S.Sos,M.Si melalui petugas Pusdalops-PB, Iqbal mengatakan, dampak angin kencang disertai hujan yang terjadi Sabtu (28/05/2022) jam 23:00 Wib telah mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik lokasi.

Lokasi-lokasi pohon tumbang dan merintangi jalan sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas itu, dilaporkan terjadi di Jalan Soekarno Hatta kawasan Lambaro. Lalu di Desa Gani, Jalan Bandara SIM Kecamatan Ingin Jaya terdapat enam titik yang membentang di atas badan jalan.

Kondisi itu berdampak membuat ruas jalan tersebut lumpuh total, kemudian di Kecamatan Blangbintang juga dilaporkan ada pohon tumbang.

“Selanjutnya pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di Jalan Lambaro Banda Aceh dan terdapat lima titik yang membuat jalan tersebut tak bisa dilalui baik kendaraan roda empat maupun roda dua,” ungkapnya.

“Pohon tumbang juga terjadi di Lubuk Ingin Jaya dan dua titik terjadi di Jalan Lambaro Keutapang, Kecamatan Lhoknga,” sebut Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos.MSi melalui Petugas Pusdalops PB, Iqbal.

Kejadian serupa lanjut Iqbal, juga terjadi di beberapa lokasi lainnya baik jalan penghubung antar kecamatan maupun jalan penghubung antar desa.

“Pohon berukuran besar juga tumbang di halaman rumah Bupati Aceh Besar di Desa Meunasah Deyah, Kecamatan Ingin Jaya dan mengenai bagian pagar dan atap rumah bagian samping,” jelas Iqbal, salah satu Petugas BPBD Aceh Besar.

Dari beberapa pos langsung turun dan menyebar ke beberapa titik lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. “Mengingat banyaknya lokasi kejadian pohon tumbang sehingga BPBD Aceh Besar mendahulukan penanganan yang bersifat darurat. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya personel dan peralatan pendukung,” ujar Murdani.

“Dari kejadian itu, BPBD Aceh Besar juga menerima laporan ada beberapa rumah warga yang diterpa angin, baik atap diterpa angin maupun pohon yang patah ke atas rumah warga,” jelas Iqbal.

Untuk lokasi jumlah dan tingkat kerusakan, sedang dalam pendataan dikarenakan jarak lokasi kejadian serta peristiwa itu banyak terjadi di malam hari.

Pasca kejadian pohon tumbang dimana-mana aliran listrik juga terputus di seluruh wilayah Aceh Besar, kondisi itu menyulitkan petugas baik dalam penanganan maupun pendataan. BPBD Aceh Besar terus mendata jumlah kerusakan dampak dari angin kencang tersebut.

Lalu menyiapkan bantuan panik kepada korban yang terdampak serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah-langkah penanganan dan tindakan selanjutnya menyiagakan personel dalam menyikapi kondisi cuaca ekstrim dan tidak bersahabat. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.