Ambun Kadri: Seluruh Tahapan Pilkades Harus Diumumkan dan Disosialisasikan kepada Masyarakat

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sawahlunto Dr. dr. Ambun Kadri, MKM menegaskan agar seluruh Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan tahun 2023 di kota Sawahlunto ini harus diumumkan dan disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat turut mengetahui dan mengawasi proses Demokrasi Pemilihan Kepala Desa ini.

Hal itu ditegaskan Sekda Ambun Kadri pada saat membuka acara Pembekalan Penitia Pemilihan Kepala Desa (PPKdes) Kota Sawahlunto tahun 2023.

Sekda Ambun Kadri juga berpesan agar seluruh unsur yang terlibat dalam Pilkades dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

“Tujuan kita adalah Pilkades yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, sesuai dengan azaz Pemilu. Tentunya untuk mencapai itu adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya satu pihak atau satu unsur saja” tegas Ambun Kadri.

Ambun Kadri juga berpesan agar seluruh tahapan Pilkades disosialisasikan dan diumumkan secara masif kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dan bisa turut serta andil dalam pengawasan proses demokrasi.

“Perlu saya tekankan, biaya Pilkades tela dianggarkan dalam APBD es Desa masing-masing dan di APBD Kota Sawahlunto. Jadi tidak ada Calon Kepala Desa yang dipungut biaya dalam pendaftaran maupun dalam tahapan lain” tegas Ambun.

Ambun Kadri juga berpesan agar pendataan administrasi dilaksanakan dengan teliti sehingga terhindar dari masalah-masalah di kemudian hari.

Untuk jadwal Pilkades serentak 2023 di Kota Sawahlunto, Pembentukan PPS oleh PPKDes pada tanggal 13-17 Februari 2023, Pengumuman Daftar Emilih Tetap (DPT) 16 Maret 2023 kemudian Penerapan dan Pengumuman Nama Calon dan Nomor Urut pada tanggal 08 Mei 2023. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.