Aksi Unjuk Rasa Oleh Kelompok FPMN di Kejaksaan Negeri Nganjuk Dalam Rangka Menyongsong Hari Anti Korupsi Internasional 9 Desember 2023

Nganjuk, Beritaterbit.com – Jumat (8/12/2023) sekira pukul 09.56 WIB s/d 11.45 WIB bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk Jl. Dermojoyo No. 24 Kelurahan Payaman Kabupaten Nganjuk telah dilaksanakan Aksi Unjuk rasa oleh warga yang tergabung dalam FPMN (Forum Peduli Masyarakat Nganjuk) di Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk yang diikuti sekitar 100 orang dengan Korlap Sukardi, Maksum, Suroso dan Sarnoto dengan penanggung Jawab Suyadi (Ketua Forum Peduli Masyarakat Nganjuk).

Adapun tuntutan aksi unjuk rasa dari FPMN bahwa di wilayah Kabupaten Nganjuk masih terdapat indikasi tindak pidana korupsi seperti dugaan penyimpangan dana desa dan dugaan pungli pada program PTSL.

Dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

Bahwa pada pukul 08.00 WIB s/d 08.30 WIB, dilaksanakan apel persiapan pengamanan unjuk rasa oleh unsur Polres Nganjuk di halaman kantor kejaksaan negeri nganjuk.

Pada pukul 08.00 WIB, masyarakat yang tergabung dalam Forum peduli masyarakat Nganjuk (FPMN) berkumpul di Kantor Sektretariat Forum Peduli Masyarakat Desa Ngepung, Jl. Raya Ngepung Ds. Ngepung Kec. Patianrowo Kab. Nganjuk.

Adapun kendaraan yang digunakan pendemo sebanyak 4 Elf, 2 minibus, 1 pickup pengangkut sound system , 15 sepeda motor. Selain itu, massa juga membawa atribut berupa bendera merah putih dan bendera FPMN.

Sekira pukul 09.00 WIB, masyarakat yang tergabung dalam FPMN menuju Kantor Kejari Nganjuk di Jl. Dermojoyo Kelurahan Payaman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.

Dalam penyampaian unjuk rasa tersebut, massa FPMN yang intinya bahwa Forum Peduli Masyarakat Nganjuk ingin membangun Nganjuk lebih baik ke depan, dengan harapan Kabupaten Nganjuk terbebas dari korupsi.

Dan berharap pada momentum Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2023, aparat penegak hukum bisa bekerja dengan baik untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk bebas dari korupsi.

Selain itu pada kesempatannya juga menyampaikan masih terdapat indikasi korupsi khususnya terkait dengan dugaan penyimpangan dana desa dan indikasi pungutan liar pada program PTSL.

Massa pendemo pun juga mengapresiasi kepada Kejaksaan Negeri Nganjuk dalam hal penanganan kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di Perusahaan Aneka Usaha Kabupaten Nganjuk dan kasus korupsi dana desa di Desa Gemenggeng Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.

Massa pendemo akhirnya ditemui pukul 10.45 WIB. Apriady Miradian, SH., MH. (Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Nganjuk) menerima perwakilan dari FPMN di lobby Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk dan menyampaikan tanggapan yang intinya:

“Terima kasih kepada Forum Masyarakat Peduli Nganjuk yang telah menyampaikan aspirasi pada momen menyongsong Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember 2023 di Kejari Nganjuk,” ucapnya.

Masih kata Apriady Miradian, “Kejaksaan Negeri Nganjuk siap untuk menindaklanjuti indikasi tindak pidana korupsi, khususnya yang terkait dengan penyimpangan keuangan di desa ataupun indikasi pungli pada program PTSL. Dengan memperhatikan alat bukti permulaan yang cukup dan setelah melakukan koordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Nganjuk apakah kerugian Negara yang terjadi terdapat unsur pidananya,” tegasnya.

Sebagai informasi, kegiatan aksi unjuk rasa oleh masyarakat yang tergabung dalam FPMN di depan Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk Jln Dermojoyo Kelurahan Payaman Kec/Kab. Nganjuk selesai, selama kegiatan berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.

Dalam hal ini kegiatan bisa disimpulkan bahwa adanya aksi unjuk rasa masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Nganjuk (FPMN) di Kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk adalah wujud nyata penyampaian aspirasi perwakilan dari masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Nganjuk bebas dari korupsi.

Serta Forum Peduli Masyarakat Nganjuk siap bekerja sama dan mendukung Kejaksaan Negeri Nganjuk untuk memberantas korupsi.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.