Akibat Curah Hujan Sangat Tinggi, Akses Jalan Utama Trenggalek Bendungan Tertutup Lumpur

Trenggalek, Beritaterbit.com – Curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Trenggalek mengakibatkan longsor di jalur utama Trenggalek ke Kecamatan Bendungan tertimbun tanah longsor hingga tertutup total, Selasa (4/10/2022).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. dalam kunjungannya mengatakan, kami informasikan kepada seluruh masyarakat yang akan melalui akses Trenggalek Bendungan bahwa selama 7 jam kita sudah melaksanakan kegiatan pembersihan material longsor yang menutup akses Trenggalek Bendungan.

Dan saat ini sudah kita laksanakan kegiatan pembersihan untuk jalan aspalnya dari lumpur dan air supaya nanti akan dilalui tidak bahaya dan terpeleset.

Kapolres menghimbau kepada pengguna jalan yang akan melaksanakan kegiatan dari Trenggalek ke Bendungan dan juga sebaliknya tetap harus waspada melalui jalur ini.

Kita juga mengingatkan bahwa antisipasi akan terjadinya lonsor susulan, karena mengingat kondisi kuntur tanah yang ada di sekitar lokasi longsor yang sangat labil.

“Menurut rekan-rekan dari Perhutani tanahnya ini tanah yang menyimpan dan menyerap air dan kami akan memberikan himbauan melalui Pak Camat, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Bendungan, kemudian dari rekan-rekan Perhutani baik dari PUPR juga ada dan nanti memasang himbauan atau tanda-tanda untuk masyarakat yang melalui agar berhati-hati,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, pada saat ini kami coba untuk kendaraan roda dua dulu karena masih dalam suasana mendung dan masih sedikit gerimis. Maka antisipasi juga terhadap material yang ada di sekitar tebing di sepanjang jalan ini yaitu salah satunya kita lihat pepohonan maupun tiang listrik yang ada di pinggiran tebing jadi kita tetap antisipasi.

Sujatmiko Camat Bendungan menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan untuk langkah kedepannya kita akan melakukan pengerukan lagi sebatas tebing itu dan nanti kita adakan penghijauan. Mengingat tanah sekitarnya memang sangat rawan sekali longsor dan tanahnya lembek serta menyimpan air sehingga ketika hujan itu nanti akan terjadi longsor, kemudian dihimbau kepada masyarakat yang melewati jalur itu harus berhati-hati karena rawan longsor dan nanti kita akan pasang papan pengumuman agar bisa berhati-hati melewati jalur itu, pungkasnya. (SG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.