Aceh Diguyur Hujan Lebat, Banjir Terjadi Dimana-mana

Banda Aceh, Beritaterbit.com – Badan Meterologi, Klismatologi dan Geofisika Stasion SIM Banda Aceh Zakaria, Sabtu 21 Januari 2023 menyampaikan hujan lebat mengguyur Aceh mulai tanggal 21 sampai 23 Januari 2023. Untuk itu diminta waspada akan terjadi banjir, tanah longsor, angin kencang dan rusak jalan dan jembatan penyeberangan.

Kemudian Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar S.Ik melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdianto dalam rilis pers mengatakan, bahwa hujan lebat yang mengguyur Aceh diminta kepada semua warga berhati-hati dan waspada terjadi banjir yang merusak fasilitas umum jalan negara, sekolah, rumah sakit dan rumah penduduk ditepi tebing, sungai dan abrasi pantai.

Petugas Hidiometerologi BMKG SIM Anang Herianto menyebutkan bahwa tanggal 21 Januari terjadi hujan lebat di 14 kabupaten/kota, tanggal 22 Januari di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan tanggal 23 Januari terjadi di 17 kabupaten/kota. Untuk itu dihimbau agar warga membatasi pergi bepergian karena bisa terjebak banjir, angin kencang dan tanah longsor.

Hasil pemantauan Wartawan Beritaterbit.com di Kabupaten Bireuen Sabtu 21 Januari 2023 terjadi Luapan Sungai Krueng Bate Iliek Kecamatan Samalanga menutupi badan jalan negara Medan- Banda Aceh, Kota Jeunib Kecamatan Jeunib banjir mencapai 1 meter dan merusak ratusan hektar tanaman padi. Begitu juga di Blang Birah Kecamatan Peudada transportasi tertahan dan terjadi antrian yang dibantu Sat Lantas Polres Bireuen.

Berhubung menghadapi libur hari raya Imlek yang kurang terpengaruh di Aceh, maka suasana jalan agak sepi pengendara. Hanya warga membantu pengendara yang terjebak banjir seperti di Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya.

Sementara di tanjakan jalan negara di Kecamatan Pinto Rime, Singgoh Mulo Kabupaten Bener Meriah terjadi longsor di beberapa titik tikungan yang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Kapolres Bireuen AKBP Pol Mike Hardy Wirapraja SIK melalui Kasat Lantas Iptu Chairuddin SH minta kepada pengendara dari Bireuen yang pepergian ke Rodelong, Pondok Baru, Bener Meriah dan Takengon Aceh Tengah berhati-hati karena longsor badan jalan yang terjadi bila hujan lebat.

Akibat hujan dan banjir maka kebutuhan 9 bahan pokok terjadi kenaikan sedikit di Pasar Matangglumpangdua, Samalanga, Jeunib, Pandrah, Peudada dan Bireuen. (Faiz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.