AAP DPR RI Bersama Polbangtan Gowa Gelar Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh

Bone, beritaterbit.com – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan keterampilan petani serta penyuluh di Provinsi Sulawesi Selatan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Acara ini dihadiri oleh Andi Akmal Pasluddin, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Helios Hotel, Minggu (9/6/2024).

Dalam sambutannya, Andi Akmal Pasluddin menyampaikan pentingnya peran petani dan penyuluh dalam mengembangkan sektor pertanian di Sulawesi Selatan. “Peningkatan kapasitas petani dan penyuluh merupakan kunci utama untuk mencapai kemandirian pangan dan kesejahteraan petani di daerah ini,” ujarnya.

Ia juga menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan dan petani untuk menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang pertanian.

“Stok bulog harus dievaluasi karena harus menyiapkan beras, begitu juga menyangkut pengairan. Banyak bendungan di Bone tidak maksimal kapasitas airnya,” paparnya.

“Petani jangan sampai mengalami kerugian, ketika harga anjlok perusahaan daerah harus membeli gabah petani,” lanjutnya.

Bimtek ini mencakup berbagai materi penting, mulai dari teknik budidaya tanaman yang ramah lingkungan, penggunaan teknologi pertanian modern, hingga strategi pemasaran hasil pertanian.

Kepala Polbangtan Gowa diwakili oleh Nur Rahmah Razak menjelaskan, bahwa Bimtek ini merupakan bagian dari program peningkatan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

“Dengan adanya Bimtek ini, kami berharap para petani dan penyuluh dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan masyarakat sekitarnya,” ujarnya Nur Rahmah.

“Harus ada regenerasi petani milenial bagaimana memotivasi dengan cara yang dia miliki,” katanya.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan sektor pertanian di Sulawesi Selatan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.