95,86% Warga Kota Bengkulu Sudah Merekam KTP, Program Jemput Bola untuk Disabilitas

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu secara rutin melakukan program jemput bola perekaman data E- KTP.

Dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo, hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat di Kota Bengkulu untuk mengurus administrasi kependudukan, terutama bagi penyandang disabilitas dan lansia.

“Di samping kita memberikan layanan, di datanya juga kita catat. Misalnya disabilitas apa, apakah itu disabilitas fisik, tuna rungu, tuna netra. Ini kita sudah lakukan secara rutin dan setiap hari,” ujar Widodo, Selasa (31/5/2022).

Selain itu, ada juga masyarakat yang melakukan sistem bersurat untuk menyampaikan permohonan perekaman E-KTP. Lantaran cukup sulit untuk mengetahui secara detail lokasi warga penyandang disabilitas yang ingin melakukan perekaman E-KTP secara jemput bola.

“Karena kita kan tidak selalu mengetahui masing-masing gang, masing masing lorong. Biasanya juga melalui RT dan Lurah, nah setelah surat itu sampai maka dari tim dukcapil akan langsung menindaklanjuti dengan cara melacak alamat sesuai keterangan surat tersebut” jelas Widodo.

Menurut Widodo, setiap masyarakat harus mendapat pelayanan yang sama dan tidak boleh ada diskriminasi. “Itu pelayanan untuk disabilitas dan lansia, yang secara fisiknya tidak memungkinkan untuk ke kantor camat atau ke dukcapil, maka kita tim nya yang turun,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, KTP yang sudah direkam dan sudah jadi nantinya juga akan diantarkan langsung ke alamat ataupun melalui RT dan Lurah.

Meskipun pencatatan sipil ini bukan merupakan layanan dasar, namun hal tersebut merupakan sarana untuk melengkapi sayarat yang diperlukan layanan dasar.

“Layanan dasar itu kesehatan, pendidikan, perumahan, nah sekarang kan kalau mau sekolah syarat yang paling diperlukan itu KK, sama juga dengan kebutuhan dasar lainya,” ungkap Widodo.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, per tanggal 14 Mei 2022, dari 374.694 jiwa di kota Bengkulu tercatat 256.496 yang sudah melakukan perekaman. Jika dipersentasekan sudah mencapai 95,86 persen. Sementara 2.598 KTP yang sudah berstatus Print Ready Record (PRR) atau KTP sudah siap dicetak. (ADV)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.