7 Tips Hemat Belanja Bulanan Meski Gaji Pas-Pasan

Memiliki gaji pas-pasan memang menjadi ujian tersendiri. Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan agar gaji tersebut bisa mencukupi semua kebutuhan. Ada begitu banyak tagihan yang harus dibayar serta kebutuhan harian yang harus dibeli. Agar terhindar dari sifat boros serta jauh dari hutang, sebaiknya Anda mengikuti tips hemat belanja bulanan.

Kebutuhan yang semakin hari semakin mahal, menuntut Anda untuk menjadi semakin cerdas. Mengelola keuangan tidak bisa dilakukan sembarangan. Apabila keliru dalam mengelola keuangan, dikhawatirkan Anda terjerumus pada hutang yang menumpuk serta hidup yang semakin boros.

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Sebenarnya, gaji yang Anda miliki akan sangat cukup apabila mampu melakukan pengelolaan dengan tepat. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu dan kesampingkan gaya hidup yang berlebihan. Jangan mudah mengeluarkan uang terutama apabila hal tersebut tidak terlalu penting. Berikut ini adalah beberapa tips hemat belanja bulanan yang bisa diikuti:

  1. Catat Semua Kebutuhan

Cara mengatur uang belanja agar tidak boros pertama yang harus dilakukan adalah mencoba untuk mencatat semua kebutuhan di dalam buku keuangan. Anda memang sebaiknya memiliki buku keuangan agar memudahkan dalam menata atau mengelola keuangan.

Hal ini akan membuat Anda semakin profesional dalam memanajemen penghasilan. Tuliskan semua yang menjadi kebutuhan Anda. Selanjutnya tuliskan juga berapa kira-kira uang yang harus dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Catat Semua Pengeluaran

Selanjutnya, setiap pengeluaran dari hasil gajian sebaiknya juga dicatat. Buatlah catatan pengeluaran terutama untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak yang justru terkadang tidak tercatat dalam kebutuhan harian.

Anda harus benar-benar jeli dalam mengelola keuangan. Jangan mudah mengeluarkan uang jika memang dirasa tidak terlalu penting. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu banyak memiliki catatan pengeluaran karena semuanya sudah tercatat di dalam catatan kebutuhan bulanan.

  1. Eliminasi Kebutuhan yang Kurang Penting

Cara menghemat uang bulanan rumah tangga selanjutnya yaitu coba untuk mengeliminasi kebutuhan-kebutuhan yang dirasa kurang penting. Setelah Anda menuliskan semua kebutuhan tersebut, carilah mana yang bisa diganti atau dihilangkan.

Misalnya saja Anda memiliki kebutuhan untuk nongkrong-nongkrong di cafe dengan teman atau yang lainnya maka sebaiknya dikurangi saja. Cara ini sangat efektif untuk menyelamatkan keuangan dan tabungan. Keuangan Anda akan lebih selamat karena tidak habis hanya untuk kegiatan hedonisme.

Banyak juga yang memiliki kebiasaan membeli pakaian setiap bulannya. Padahal hal ini sangat tidak penting karena justru menambah koleksi pakaian di rumah yang membuat pakaian lama tidak terpakai. Anda bisa mengganti jadwal membeli pakaian Misalnya saja setengah tahun sekali atau setahun sekali. Jangan membeli pakaian ketika Anda tidak terlalu membutuhkannya.

  1. Biasakan untuk Memasak

Kebiasaan jajan diluar juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gaji Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Bisa dihitung-hitung sendiri berapa pengeluaran yang akan dihabiskan jika Anda makan 3 kali sehari di warung makan.

Biasakan untuk memasak sendiri di rumah. Selain lebih hemat, Anda juga bisa meracik makanan yang sehat. Uang yang digunakan untuk jajan bisa dikumpulkan untuk digunakan membeli berbagai macam peralatan memasak modern. Semakin indah dapur rumah, semangat Anda untuk menghasilkan menu istimewa juga akan semakin membara.

  1. Hindari Terlalu Sering Keluar Rumah

Cara menghemat uang belanja sehari-hari lain yang juga bisa dilakukan adalah jangan terlalu sering keluar rumah seperti melakukan liburan atau hangout dengan teman. Terlalu sering keluar rumah terbukti mampu membuat pengeluaran semakin membengkak.

Bagaimana tidak, Anda tentu membutuhkan biaya untuk transportasi, kebutuhan jajan, belum lagi jika tiba-tiba melihat diskon di depan mata. Jika memang tidak ada keperluan penting, akan lebih baik Anda di rumah saja melakukan hal-hal yang lebih produktif.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Gaji yang terlalu kecil memang harus diatasi dengan tepat. Selain perlu melakukan pengelolaan secara serius, Anda juga bisa berusaha untuk mencari penghasilan tambahan. Jika Anda memiliki kemampuan apapun seperti membuat makanan, mengajar, atau bahkan merias maka manfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Bagi yang belum memiliki keahlian maka bisa meng-upgrade diri dengan mengikuti kursus. Keahlian yang dimiliki sangat penting karena nantinya membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial meskipun hanya dari rumah.

  1. Sisihkan Uang Untuk Menabung dan Investasi

Tips lainnya yaitu cobalah untuk menyisihkan uang dan gunakan untuk menabung serta investasi. Jangan sampai Anda tidak memiliki kebiasaan menabung setiap bulannya karena ini bisa membahayakan Anda di masa depan.

Usia terus bertambah sehingga jika tidak memiliki tabungan pensiun, dikhawatirkan Anda akan merasa kerepotan di hari tua. Investasikan uang Anda setiap bulannya dengan membuka deposito atau bahkan investasi bersama dengan reksadana.

Saat berbelanja, Anda harus memilih momen tertentu. Carilah waktu-waktu tempat di mana ada banyak diskon menarik. Salah satu tempat terbaik untuk berbelanja bulanan adalah di Blibli. Marketplace ini menjadi tempat yang menarik karena menyediakan begitu banyak pilihan produk kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau.

Anda tidak perlu merasa khawatir jika ingin melakukan penghematan. Manfaatkan Promo Akhir Tahun Blibli untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga yang sangat murah.

Berbelanja di Blibli sangatlah menyenangkan karena semua produk dijamin ori. Harganya juga murah apalagi ada banyak diskon dan voucher menarik. Anda bisa menghemat lebih banyak pengeluaran jika memilih berbelanja secara online di marketplace terpercaya Blibli. Jangan lupa untuk memanfaatkan promo akhir tahun Blibli dan rasakan sendiri serunya berbelanja dengan harga terbaik. Ikuti juga tips hemat belanja bulanan di atas agar penghasilan anda bisa cukup dan tetap bisa menabung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.