5 Universitas Terbaik di Provinsi Aceh, Unimus Satu-satunya Universitas Swasta yang Berada Diperingkat 3

Bireuen, Beritaterbit.com – Sumber dari UniRangk Tahun 2023 yang dilansir Jatimnetwork.com mengemukakan Peringkat Universitas/Perguruan Tinggi yang favorit di sejumlah daerah provinsi di luar Pulau Jawa yang unggul dalam mutu dan hampir menandingi universitas terkemuka di Pulau Jawa.

Tentu keunggulan dari Universitas atau Perguruan Tinggi dikarenakan ada beberapa faktor yang menjadi kategori penilaian sesuai tuntutan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Dikti juga dari Kementrian Agama.

Sejak tahun 2021 kualitas dosen dan administrasi kampus meningkat dengan sistem penilaian kinerja dosen melalui Seruni BKD dan Sister yang harus diupload setiap dosen. Selain itu juga ajang dosen berprestasi yang selalu diperlombakan setiap tahun. Dosen juga ikut dalam penulisan jurnal ilmiah Internasional pada Sinta 1, 2, 3, 4 dan 5 yang terakreditasi dengan memiliki nilai baik. Dosen selain melaksanakan tugas mengajar, juga kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai tuntutan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sumber UniRank 2023 menyebutkan bahwa kriteria menjadi tolak ukur utama menentukan peringkat Universitas. Maka inilah hasil diperoleh 5 Universitas terbaik di Provinsi Aceh yaitu sebagai berikut:

Universitas Syiah Kuala atau disebut sekarang USK Darussalam, Banda Aceh sebagai Peringkat 1 sedangkan di Indonesia berada di tingkat urutan 35. Universitas Islam Negeri (UIN) AR-Raniry Darussalam, Banda Aceh peringkat 2 sementara di Indonesia berada pada peringkat 72.

Selanjutnya Universitas Al- Muslim (Umuslim) Matangglumpangdua Bireuen, Aceh Peringkat 3, sementara di Indonesia berada pada urutan 118. Selanjutnya Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe Peringkat 4 sementara di Indonesia berada pada urutan 126. Kemudian Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh peringkat ke 5 sementara di Indonesia pada urutan 211.

Unimus Satu Satunya Universitas Swasta.

Dari 5 Universitas yang mendapat peringkat terbaik di Provinsi Aceh UniRank Tahun 2023 yang dilansir Jatimnetwork.com dari Laman 4icu.org terdapat satu-satunya Universitas Swasta yaitu Universitas Al-Muslim Matangglumpangdua, Bireuen pada peringkat 3.

Rektor Umuslim Dr. Marwan M.Pd kepada Wartawan Beritaterbit.com Sabtu tanggal 25 Maret 2023 mengatakan, berterima kasih dan merasa bangga atas perolehan peringkat universitas terbaik ke 3 di Provinsi Aceh hasil penilaian Lembaga UniRank Tahun 2023. Semoga apa yang kami peroleh dapat memicu semangat untuk bekerja lebih baik dan berusaha meningkatkan akreditasi program studi agar memperoleh A. Sekarang sejak tahun 2019 Prodi PGSD akreditasi sudah A. Sementara Universitas dan 6 Fakultas sudah Akreditasi B.

Rektor Unimus Dr Marwan menambahkan dari Analisis SWOT bahwa Unimus banyak unsur mendukung dari letak strategis kampus di Kota Matangglumpangdua mudah dijangkau Dosen dan Mahasiswa, ruang kuliah sudah tersedia cukup, mahasiswa yang berasal dari kabupaten/kota selain Bireuen sudah tersedia 2 Rusunawa, tenaga dosen DPK, dosen tetap banyak yang sudah S3. Juga sarana dan prasarana lain sudah ada.

Kemudian sejak tahun 2021 telah kita buka Program Pasca Sarjana Magister S2 Prodi PSL, IPS dan Administrasi Publik. Juga telah banyak kerjasama dan menandatangani MOU dengan Pemerintah Daerah kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan Universitas di Sumatera Utara dan Aceh.

Penulis: Faiz

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.