30 Hektare Petani Tembakau Bakal Merugi di Wilayah Lereng Gunung Sili

Nganjuk, Beritaterbit.com – Wilayah Nganjuk bagian utara tepatnya di Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk mayoritas merupakan petani tembakau. Tembakau tersebut cocok ditanam di area itu.

Di Desa Bangle, petani tembakau di Bukit Sili bakal menelan kepahitan. Pasalnya bibit yang disemai nampak tidak sempurna bisa bagus atau layak tanam 100%, sekitar 25 hektare lebih yang sedianya mau ditanami bibit tersebut.

Sampun (75) salah satu petani yang merasakan bahwa hasil penyemaian bibit tembakau tersebut tidak sempurna.

Sampun, Petani Tembakau nampak melihat hasil semai bibit yang rusak ditemani kepala Desa Bangle. (Beritaterbit.com/Gendro)

Sampun, Petani Tembakau nampak melihat hasil semai bibit yang rusak ditemani kepala Desa Bangle. (Beritaterbit.com/Gendro)

“Tidak sempurnanya bibit ini karena cuaca yang kurang bagus. Selagi panas, panasnya pun sangat luar biasa jadi bisa mengakibatkan bibit tumbuh jelek. Walau cuaca ini bisa dikatakan kemarau tapi tidak menjamin benih hasil semai bagus. Ini tidak ada penyebab lain selain cuaca yang sangat tidak bagus, untuk penyemaian bibit tembakau sulit untuk bisa bagus dan saya meragukan kalau nanti musim panen akan hasil yang baik,” tegas Sampun yang sudah jadi petani turun menurun dari orang tuanya dulu.

“Padahal perusahaan saya dengar minta pasokan daun tembakau di masa panen ini banyak sekitar 700-an hektare lebih yang dari Kabupaten Nganjuk sendiri,” imbuhnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.