24 Hewan Qurban Geudong-Geudong Disembelih Hari Kedua Hari Raya

Bireuen, Beritaterbit.com – Sebanyak 24 hewan qurban di Gampong Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen-Aceh terdiri dari 13 lembu dan 11 ekor kambing/biri-biri untuk tahun ini.

Kepala Dusun Sagoe Saifuddin menyebutkan, penyembelihan hewan qurban Desa Geudong-Geudong di beberapa lokasi yaitu di halaman masjid, tempat pengajian Tgk Marzuki dan Dayah Teungku Khairul.

Disebutkan data yang ada pada dirinya adalah pemtotongan di halaman Masjid Al Mujahidin sebelah barat dan utara adalah 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing/kibas. Dan yang lainnya 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing di lokasi Teungku Marzuki dan Dayah Tgk Khairul.

Teungku Imum Gampoeng mengarahkan petugas untuk menumpuk daging sesuai dengan data yang telah ditetapkan. (Suherman Amin)

Dalam kaitan tersebut, Teungku Imum Gampong Tgk Hasbi Ahmad didampingi Tgk Khairuddin di lokasi penyembelihan di masjid menyebut tahun ini hewan qurban di Geudong mengalami kenaikan.

Disebutkan, pada tahun lalu hanya 5 ekor sapi/lembu dan 4 ekor kambing/kibas sedangkan tahun ini di masjid saja 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing/kibas dan di lokasi pengajian Tgk Marazuki ada 5 sapi dan beberapa ekor kambing.

Selain itu jumlah daging qurban tersebut seperti yang terlihat sudah ditumpukkan untuk dibagikan warga yang sebelumnya sudah dibagikan kupon.

Menjawab wartawan media ini Kepala Dusun Sagoe Saifuddin yang akrab disapa Bang Din menyebut, jumlah hewan qurban baik itu lembu ataupun kebiri dibagikan perdusun.

Dusun-dusun yang ada di Geudong-Geudong adalah tiga dusun yaitu Dusun Geudong Sago, Puso Lawah dan Dusun Kuta Trieng dengan persentase jumlah penduduk sesuai keputusan dalam rapat panitia qurban beberapa waktu lalu.

Teungku Imum Tgk Hasbi Ahmad mengharapkan kepada warga untuk mengambil daging qurban secara tertib dan tidak berkerumun sekaligus mematuhi aturan yang ditetapkan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.