Sebanyak 1.807 Unit Kendaraan Roda Empat di Jambi Laksanakan Uji Emisi

JAMBI, Beritaterbit.com – Sebanyak 1.807 unit kendaraan roda empat di Kota Jambi melaksanakan uji emisi. Uji Emisi tersebut dilaksanakan selama 3 hari di tiga tempat berbeda. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas udara perkotaan tahun 2020.

Koordinator Pelaksana Lapangan Uji Emisi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi Heru Sugiarto menjelaskan, pada hari pertama Selasa (15/9/20) dilaksanakan uji emisi di Jalan Cikro Aminoto, persisnya di Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jambi.

Pada saat itu dilaksanakan uji emisi sebanyak 770 kendaraan roda empat, baik kendaraan roda empat berbahan bakar bensin maupun solar.

Kemudian pada hari kedua, Rabu (16/9/20) dilaksanakan uji emisi terhadap 727 kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, bertempat di Depan Pusat Perbelanjaan Wiltop Trade Center (WTC), di Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

Lalu pada hari ketiga, dilaksanakan uji esmisi terhadap 770 kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar bertempat di halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi.

“Jadi dalam tiga hari tersebut sebanyak 1.807 unit kendaraan yang dilakukan uji emisi. Jumlah itu telah melebihi jumlah yang ditarget sebanyak 1.500 unit ,” jelas Heru.

Pada prakteknya, kendaraan yang diuji emisi dinyatakan lulus apabila memenuhi persyaratan ambang batas emisi. Bagi kendaraan berbahan bakar bensin yang diproduksi sebelum tahun 2007, CO-nya harus 45 persen dan HC 1200 PPM. Kendaraan bensin yang diproduksi diatas tahun 2007, lebih ketat lagi, yakni, CO 1,5 persen dan HC 200 PPM.

Sedangkan untuk kendaraan berbahan bakar solar, akan diukur dari kepekatan asapnya (opasitas). ” Sebelum tahun 2010 adalah 70 persen HSO, sedangkan di atas 2010 adalah 40 persen HSO,” sebutnya.

Nah, bagi kendaraan yang tidak memenuhi ambang batas, mereka akan disarankan untuk memerbaiki kendaraannya di dialer atau di bengkel. Pemilik kendaraan juga disarankan untuk menservis kendaraannya secara rutin.

Heru menambahkan, sejauh ini belum ditemukan kendala berarti dalam melaksanakan uji emisi. Koordinas para pihak lumayan bagus, begitu juga dengan dukungan pemilik kendaraan bermotor.

“Artinya kesadaran masyarakat untuk melakukan uji emisi kendaraannya masih bagus, nantinya hasil uji akan dilaporkan kepada pak walikota,” katanya.

Dia melanjutkan, adapun pelaksana uji emisi ini dilakukan DLH Kota Jambi yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Jambi, pihak kepolisian, mahasiswa dan para mekanik dari sejumlah bengkel kendaraan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat sejumlah polisi lalu lintas mengatur arus kendaraan di jalan tersebut. Sejumlah petugas penguji terus mengecek kondisi gas buang kendaraan. (Rizal Ependi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.