Polres Mukomuko Berhasil Membekuk Pelaku Ilegal Loging Dan Amankan Barang Bukti

MUKOMUKO, beritaterbit.com – Polres Mukomuko berhasil melakukan penangkapan pelaku penebangan pohon atau membawa alat yang lazim digunakan untuk memotong atau membelah pohon dalam kawasan Hutan, Selasa (30/06/2020) lalu. Berawal dari Unit Tipidter menerima informasi dari tim KPHP Mukomuko adanya aktifitas penebangan dan pengolahan kayu didalam kawasan Hutan yakni HPT (Hutan Produksi Terbatas) Air Ipuh II yang berlokasi di atas HGU PT. Agromuko Air Bikut Estate Kec. Pondok Suguh. Setelah menindaklanjuti informasi tersebut Unit Tipidter lansung turun kelokasi dan bergabung dengan Tim KPHP dan langsung melakukan tindakan mengamankan pelaku RU (39) warga SP.2 Suka Maju Penarik Kec. Penarik selaku operator Chainsaw yang mengolah kayu dalam kawasan dan MU (31)Warga Desa Gading Jaya Kec. Sungai Rumabi Kab. Mukomuko selaku pemodal dan penyedia mesin chainsaw.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S. Sos, MH membenarkan adanya penangkapan pelaku penebangan pohon tersebut.
“Petugas berhasil mengamankan barang bukti kayu sebanyak lebih kurang 3 M3 (Tiga Meter Kubik) diduga jenis Medang yang telah diolah menjadi kayu pecahan dengan ukuran (2x25x400), (10x10x400) dan (5x10x400) serta 1 ( Unit ) Chainsaw yang digunakan untuk membelah kayu”, jelasnya Jum’at (03/07/2020) saat dikonfirmasi diruangannya.

Pada saat ditangkap Pelaku saat sedang istirahat dan mesin Chainsaw ditemukan di gubuk dalam kawasan hutan HPT Air Ipuh II pada koordinat -2.73299, 101.48634. dan Tumpukan BB Kayu ditemukan pada titik koordinat -2.73423, 101.48626.

Berdasarkan keterangan Mu bahwa dirinya sudah lebih kurang 1 tahun melakukan pengolahan kayu, selama ini berasal dari lahan milik sendiri. Namun 3 Bulan terakhir ini melakukan pengolahan kayu di lokasi ditemukan petugas tersebut.

Terhadap pelaku patut diduga telah melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang – undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan
Pasal 82 ayat (1) huruh c “ Setiap orang melakukan penebangan pohon secara tidak sah dalam kawasan hutan “
Pasal 83 ayat (1) huruf b “ Setiap orang mengangkut, menguasai dan atau memiliki kayu hasil hutan yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan sahnya hasil hutan”.
Pasal 84 ayat (1) “ Membawa alat alat yang lazim digunakan untuk menebang, memotong atau membelah pohon dalam kawasan hutan tasnpa izin yang berwenang.
Ancama pidana maksimal 5 tahun penjara denda maksimal Rp. 5M (Lima Milyar Rupiah). (elnino/rilis).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.