Pemakaman Militer Veteran Berusia 102 Tahun

Pati,  BeritaTerbit.com – Almarhum Sarwi bin Sarpo yang meninggal dalam usia 102 tahun, adalah veteran berpangkat Prajurit Satu, yang berpredikat sebagai pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Krajan RT.02/03, Desa Karangwono Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, Selasa (22/10/19). Upacara pemakaman dilakukan secara militer oleh para prajurit TNI Kodim 0718/Pati, dengan ditandai penghormatan tembakan salvo.

Sebagai pejabat inspektur upacara, Dandim 0718/Pati yang diwakili Danramil 07/Wedarijaksa Kapten Cpm Saryono. Komandan upacara (Danup) dijabat oleh Kapten Infanteri Kusnadi Pasi Log Kodim Pati. Upacara diikuti oleh para prajurit TNI Kodim Pati dan para anggota Veteran Anak Cabang Pati, para perangkat Desa Karangwono, tokoh agama, tokoh masyarakat, warga setempat berikut keluarga almarhum.

Dalam amanatnya, Inspektur upacara Kapten Cpm Saryono membacakan sambutan Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos.

“Rasa kehilangan atas berpulangnya almarhum, tidak saja dialami oleh seluruh anggota keluarganya, tetapi juga dirasakan secara mendalam oleh seluruh anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) serta keluarga besar TNI,” terangnya.

Almarhum adalah sosok pejuang yang memiliki dedikasi tinggi dan disiplin dalam memberikan pengabdian serta darma bhaktinya pada Nusa, Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Oleh sebab itu, perlu kita suri tauladani apa yang telah dilakukan semasa almarhum sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Untuk itu atas nama pemerintah khususnya dan atas nama pimpinan TNI, kami sampaikan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya,’’ ujar Kapten Cpm Saryono.

Sementara itu, Eko Nuryanto (cucu almarhum) perwakilan dari pihak keluarga almarhum dalam sambutannya menyatakan, Almarhum Mbah Sarwi Bin Sarpo meninggalkan 11 anak, 7 anak dari istri pertama, 4 anak dari istri ke 2 serta meninggalkan 20 cucu dan 15 cicit. Ketika perang kemerdekaan usai, Sarwi hidup menjadi sorang petani di Desa Karangwono Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.

Namun pemerintah mencatat dia sebagai sosok pejuang perang kemerdekaan RI dan menjadi Anggota LVRI, kepadanya diberikan pula tunjangan veteran dari negara. Terkait ini, almarhum sebenarnya memperoleh kehormatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), sebagai sosok pahlawan pejuang kemerdekaan RI. Tapi sebelum meninggal almarhum berpesan kepada keluarga dan putra-putrinya agar beliau dimakamkan di tanah kelahirannya, yakni di TPU Krajan, Desa Karangwono, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. (Wn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.