Muslimah Tangguh di Era Milenial

beritaterbit.com – Era milenial dengan berbagai kemajuan teknologi informasi,di era kecanggihan teknologi dan zaman ini,seorang muslimah di tuntut untuk tegas pada diri sendiri dan lingkungannya.Begitu banyak tantangan yang di hadapi muslimah seiring perkembangan zaman.Potret buram kehidupan akibat dari penyimpangan pergaulan yang tidak terkendalikan.Siapakah yang ingin kita salahkan? Tidak ada yang perlu kita salahkan baik lingkungan maupun diri kita sendiri,jadi yang harus kita lakukan adalah menguatkan iman dengan ilmu yang sesuai dengan syariat Allah untuk menghindari ancaman di era milenial ini.

Muslimah masa kini harus mempunyai komitmen yang kuat terhadap syariat Allah,sehingga apapun yang dilakukan para muslimah tidak menyimpang dari aturan Allah.Muslimah adalah pondasi kejayaan umat yang melahirkan generasi bangsa yang bermatabat dan berkarakter.

Di era milenial ini,khususnya para muslimah harus bersungguh-sungguh membangun kararakter yang baik secara lahir dan batin.Dengan menyiapkan ilmu spiritual dalam era milenial bukan lagi melawan musuh dengan kekerasan tapi melawan pikiran yang tidak sesuai dengan kehidupan dan menyimpang dari masyarakat islam,baik yang tersirat maupun tidak tersirat.

Begitu banyak tantangan muslimah seiring dengan perkembangan sistem teknologi canggih masa kini,khususnya media sosial ,lingkungan dan gaya hidup.Kita sebagai muslimah harus cerdas bagaimana menata kehidupan di era melenial ini agar selamat di dunia maupun akhirat nanti.Muslimah harus mempunyai landasan ilmu keislaman yang cukup,karena jika terjadi perbedaan persepsi maka tidak menyimpang dari syariat.Muslimah yang tangguh adalah muslimah yang cerdas dalam bertindak sesuatu dengan norma kemanusiaan,selalu menjaga adab ,kehormatan, persaudaraan, dan ibadah serta ketaatan.

Kita sebagai seorang muslim teladani lah istri-istri nabi,Ummu khadijah seorang wanita yang cerdas,wanita yang ulet,mandiri,wanita yang sholihah dan teguh pendirian.Menjadi seorang wanita yang cerdas di era milenial menggenggam visi dan misi dengan berbekal ilmu dan wawasan,khususnya di bidang teknologi,semakin hari teknologi semakin canggih maka kita para muslimah harus menekuni pengetahuan berbasis teknologi untuk menyampaikan informasi,dan mencari pengetahuan.

Muslimah harus mempunyai pendidikan,baik pengetahuan keislaman maupun pengetahuan umum,menekuni pengetahuan umum bagi muslimah merupakan bagian dari fardu kifayah.Disiplin dalam menuntut ilmu di mulai dari diri kita sendiri dan melakukan perubahan melalui berkarya,sehingga membawa perubahan bagi keluarga masyarakat dan lingkungan,semoga kita termasuk muslimah tangguh di era milenial.

Bagaimana peran muslimah di era milenial? Wanita memiliki peran yang penting di tiap era peradaban,apalagi jika di hadapkan pada era modern seperti sekarang ini.Karena wanita bisa merubah suatu peradaban hanya dengan tanggannya. Allah telah menciptakan wanita dengan segala kesempurnaannya,dengan keindahan akhlak dan tutur kata nya.

Peran yang akan menyelematkan islam dan generasi Islam .Salah satunya,,muslimah yang yang menghambakan diri kepada Allah adalah muslimah yang berpengetahuan,berakhlak mulia,faham melayani suami serta mengasihi dan mendidik anak-anak ke jalan hidup yang dikehendaki oleh Allah dan mentauladani sunnah Rasulullah SAW dan selalu menjaga kehormatan dirinya.Sepeti sabda Nabi saw:”sebaik-baik wanita ialah perempuan yang apabila engkau memandangnya menyukakan hati dan mentaati apabila engkau memerintahkan ,dan apabila engkau tidak ada ia menjaga harta engkau dan memelihara dirinya.”.

Jadi,muslimah di era saat ini harus tangguh di semua sisi,baik sebagai pribadi,istri dari suaminya,ibu dari anak-anak,dan tentu sebagai anggota masyarakat,apalagi sebagai seorang muslimah yang istiqomah dalam mengembangkan dakwah Islam.

Karena itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjadi muslimah yang tangguh untuk menghadapi semua itu.Untuk itu perlu bekal dan persiapan menjadi seorang muslimah yang tangguh sebagai berikut:
1.Menangis karena takut dan ingat kepada Allah SWT.Dari Abu Raihannah,ia berkata;kami keluar bersama Rasulullah SAW dalam satu peperangan.Kami mendengar beliau bersabda:”Neraka di haramkan atas mata yang mengeluarkan air mata karena takut kepada Allah.Neraka di haramkan atas mata yang tidak tidur di jalan Allah.”
2.Mengharapkan rahmat Allah SWT dan tidak putus asa dari rahmat-Nya.Suatu keharusan bagi seorang muslim untuk selalu berbaik sangka kepada Allah SWT.Diantara tanda seorang muslim berbaik sangka kepada Allah SWT adalah mengharapkan rahmat,jalan keluar,ampunan dan pertolongan Allah SWT dalam setiap menemui ujian.
3.Sabar menghadapi cobaan dan ridha terhadap ketentuan Allah SWT.Sabar yang sebenarnya adalah ketika senantiasa menyuarakan kebenaran dan istiqomah meniti jalan kebenaran.Seorang muslimah yang menatapi kesabaran siap menanggung resiko penderitaan di jalan Allah karena mengatakan dan mengamalkan kebenaran tanpa berpaling.

Dengan mengamalkan ketiganya,insyaAllah kita dapat membentuk diri kita menjadi muslimah yang tangguh di jalan-nya ,serta siap melahirkan generasi Islam yang tangguh dalam membela dan memperjuangkan tegaknya hukum Allah SWT di dunia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.