Korem 11/Lilawangsa Gelar Latihan Bersama Penanggulangan Bencana Alam

Lhokseumawe, beritaterbit.com – Korem 011/Lilawangsa menggelar latihan bersama instansi terkait, tentang bagaimana penanggulangan bencana alam, Senin (02/11/2019) di Gedung KNPI Lhokseumawe. Apel dipimpin oleh Kasrem 011/LW, Letkol Inf Sunardi Istanto, S. H.

Dalam amanat Danrem 011/Lilawangsa yang di bacakan oleh Pimpinan Apel Kasrem 011/LW. Letkol Inf Sunardi Istanto, S. H mengatakan, menghadapi adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim akhir–akhir ini dengan ditandai terjadinya bencana alam di hampir sebagian besar wilayah di provinsi Aceh khususnya di wilayah Korem 011/Lilawangsa, maka diperlukan kesiapan operasional pasukan reaksi cepat.

“Terkait hal itu, Korem 011/Lilawangsa merupakan satuan komando kewilayahan dibawah Kodam IM dituntut untuk selalu siap bergerak dalam pelaksanaan tugas dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops dalam penangulangan bencana alam,” katanya.

Dikatakan pula, bahwa pada triwulan IV ini sesuai dengan program kerja dan kalender latihan yang telah ditetapkan, Korem 011/lilawangsa penanggulangan bencana alam tahun 2019, sebagai wujud perhatian TNI AD khususnya Korem 011/Lilawangsa terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah agar dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan materiil milik rakyat secara terkoordinasi dengan BPBD serta didukung oleh pemerintah daerah setempat.

Sesuai dengan undang–undang RI nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, peraturan presiden RI nomor 8 tahun 2008 tentang Badan Nasional penanggulangan Bencana Alam serta skep panglima TNI nomor skep/224/VI/2006 tanggal 29 Juni 2006 tentang bantuan TNI kepada Polri dalam rangka Kamtibmas.

“Untuk itu perhatikan faktor keamanan baik personel, materiil dan kegiatan sebelum selama dan setelah pelaksanaan latihan dengan membuat renpam sesuai protap satuan guna menghindari kecelakaan latihan (zero accident),” demikian Danrem.

Kapolres Aceh Utara, AKBP.Ian Rizkian Milyardin, S. IK melalui Kabag. Ops, AKP Syukrif I Panigoro, S. I. K mengatakan apel latihan yang diikuti oleh 400 peserta dari jaran Korem 011/Lilawangsa, Personel Kodim 0103/Aut, Personel Polres Aceh Utara dan instansi terkait lainnya.

“Kegiata latihan penanggulangan bencana ini untuk memastikan kesiapan semua pihak. Hari ini dimulai dengan apel pelatihan penanggulangan bencana. Kemudian drill teknis pemberian materi dan IFG yang akan berlangsung mulai 3-5 Desember 2019. Terakhir drill praktek dan penutupan pada 6 Desember 2019 dril teknis pemberian materi dan dikecamatan Matangkuli,” katanya. (MI)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.