Kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Korem 011/LW Ditutup

Aceh Utara, beritaterbit.com – Kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Korem 011/Lilangsa berakhir, Jum’at (6/12/2019) di Parang Sikeureung, Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara, yang ditinjau langsung Kolonel Sobri dari Mabes TNI Jakarta.

Upacara Penutupan simulasi Penanggulangan Bencana Alam Korem 011/LW diikuti dari personil TNI dan Polri, BPBD Aceh Utara, SAR dan PRB. Selain itu juga hadir PMI Aceh Utara, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Muspika Matang Kuli, Pramuka, PDAM Tirta Mon Pase, RAPI dan BMKG Aceh Utara.

Kasrem 011/Lilawangsa Letkol (Inf) Sunardi Istanto menyebutkan, latihan ini diselenggarakan pihaknya didukung Pemkab Aceh Utara dan lintas sektor terkait. Tujuannya, untuk penanganan bencana di Aceh Utara.

“Koordinasi dan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam penanganan bencana. Sehingga simulasi ini sangat berguna, agar semua mengetahui posisi masing-masing saat bencana,” tegas Sunardi.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara Amir Hamzah, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Korem 011/LW yang telah melatih relawan dari Aceh Utara.

“Dengan pelatihan ini, semua sudah mengerti posisinya masing-masing, ketika memberi bantuan kepada masyarakat,” kata Amir Hamzah saat menyampaikan sambutan pada upacara penutupan.

Dalam kesempatan itu Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara juga meminta, seluruh personil yang telah mendapatkan pelatihan, supaya menyebarkan ilmu yang diterimanya.

“Sampaikan pengetahuan penanggulangan bencana alam kepada masyarakat, minimal kepada keluarga dan tetangga sendiri,” jelas Amir Hamzah.

Amir Hamzah menambahkan, sejumlah kecamatan, terutama kawasan lintasan sungai di Aceh Utara, masih rawan banjir. Sehingga, pengetahuan tentang penanggulangan bencana sangat dibutuhkan.

Kegiatan simulasi dimulai di Lapangan ExxonMobil, Simpang Rangkaya, Tanah Luas. Di lokasi ini dibangun tenda sebagai pusat evakuasi korban, penampungan pengungsi dan pusat kontrol penanganan musibah.

BPBD Aceh Utara ikut membantu, tenda, peralatan tandu, angkutan dan peralatan komunikasi. BPBD juga menurunkan relawan dari PRB (Pengurangan Resiko Becana) dan SAR.

Kegiatan yang dilaksanakan selam enam hari. Pada hari pertama digelar Upacara Apel Gelar Personil di Lapangan Jendral Sudirman, Lhokseumawe, Senin 02 Desember 2019, kemudian dilaksanakan Drill Teknis (Pemberian Materi) di Gedung KNPI, Selasa hingga Rabu (03 – 04/12/2019)

Selanjutnya TFG (Tactical Floor Game), pada Kamis, 05 Desember 2019, di Gempat Gedung KNPI, Lhokseumawe. Sedangkan Drill Taktis (Apilkasi) dan penutupan, pada Jumat, 06 Desember 2019, di Gampong Parang Sikureung, Kec Matangkuli, Kab Aceh Utara. (MI)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.