Di Pandemi Desa Data Mansiang Tetap Sambut Hari Kemerdekaan

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com –Meskipun dalam situasi Pandemi Virus Corona, Desa Data Mansiang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto tetap semangat dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 75.

Desa Data Mansiang merupakan salah satu desa terkecil dan berpenduduk sedikit dibanding desa-desa lainnya di Kotamadya Sawahlunto ini memiliki kultur kerukunan yang kuat satu sama lainnya, jiwa dan semangat gotong-royong yang masih tertanam kuat, terbukti setiap kegiatan gotong-royong masyarakat selalu beramai-ramai untuk datang dan mengenyampingkan urusan pribadi terlebih dahulu demi kepentingan bersama.Jadi Setiap kegiatan yang dilaksanakan dan diprogramkan oleh Desa, pasti didukung penuh oleh masyarakat. Termasuk kegiatan Tujuhbelasan, biasanya pemuda/di akan giat mempersiapkan berbagai macam kegiatan, mulai dari kegiatan di lapangan seperti Panjat Pinang, Pacu Karung, Makan Krupuk dan lain-lain.

Namun ada yang berbeda pada perayaan HUT RI ke 75 saat ini, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini maka kegiatan sesuai himbuan Walikota Deri Asta, SH ditiadakan tetapi.

‘’Meski tanpa peringatan yang meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, namun hal ini tidak akan mengurangi arti dan makna hari kemerdekaan republik tercinta ini’’ jelas Ketua BPD Data Mansiang Anton Sarni, S. Pd saat dijumpai, Sabtu siang ini, 15 Agustus 2020.

Anton tambahkan, tahan depan akan membuat jalan Usaha Tani di pinggir sungai yang melintasi persawahan, sehingga nantinya masyarakat mudah untuk membawa hasil panen dan keperluan bertani lainny. ‘’Jalan tersebut nantinya juga akan dihiasi dengan berbagai bunga, sehingga indah untuk dipandang dan terawat dengan sendirinya’’ tambahnya.

Kepala Desa Data Mansiang Aprinal menjelaskan dan menunjukkan kegiatan Desa Data Mansiang dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI di masa pandemi kali ini dengan membawa TIM beritaterbit.com keliling Desa Data Mansiang.Meski tidak mengadakan kemeriaahan seperti perlombaan, namun Desa Data Mansiang telah ramai dengan pernak-pernik dan hiasan Kemerdekaan yang dapat mengobarkan semangat juang masyarakat.Berbagai umbul-umbul dan Bendera Pusaka telah berkibar di seluruh wilayah Desa Data Mansiang.

‘’Ini sesuai himbauan Pak Walikota Deri Asta, agar memeriahkan kemerdekaan, salah satunya dengan menghimbau warga memasang/mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Dan sudah dimulai dari tanggal 1 kemaren’’ jelas Aprinal.

Aprinal juga menjelaskan menjelaskan kalau infrastruktur jalan Desa sudah hampir keseluruhan di rabat beton , kedepannya tinggal memelihara, merawat dan memperbaiki kerusakan.

‘’Disamping itu Pemerintah Desa didukung BPD serta seluruh elemen masyarakat akan tetap membangun sarana dan prasarana Desa sehingga betul-betul baik dan bermanfaat buat masyarakat Desa Data Mansiang’’ jelas Aprinal dengan penuh semangat membangun Desa.

Sedangkan Sekretaris Desa Adipranata juga menyampaikan kembali harapan masyarakat Desa untuk memiliki sebuah mesjid dan berharap pihak-pihak terkait bisa memfasilitasi hal ini. (Z.Z/MR/M)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.