Cegah Covid-19, Petugas Kebersihan DLHK Aceh Utara Dibekali APD

Aceh Utara, beritaterbit.com – Penyebaran virus corona jadi perhatian semua pihak, termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Utara.

Para tenaga kontrak petugas kebersihan instansi tersebut mulai dilengkapi alat pelindung diri (APD), yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas LHK Kabupaten Aceh Utara, Drs.T.Safwansyah didampingi Sekretaris T.Cut Ibrahim di lapangan serbaguna Lhoksukon, Senin (20/04/2020).

Selain itu, turut juga dihadiri Kabid Pengelolaan Sampah dan kasie serta stafnya. Kemudian langkah antisipasi virus corona, dilakukan pengukuran suhu tubuh bagi tenaga kontrak petugas kebersihan. Namun setelah pengecekan dalam kondisi tubuh normal.

Kepala Dinas LHK Kabupaten Aceh Utara, Drs.T.Safwansyah menyebutkan, dalam upaya untuk mencegah penularan pandemi covid-19, petugas kebersihan dibekali APD, berupa sepatu karet, topi, Sarung tangan, masker Para petugas tersebut terdiri dari penyapu, supir, kru angkut sampah, pengawas lapangan dan petugas bagian lainnya.

DLHK tetap melayani masyarakat meski pada kondisi seperti ini. Sehingga pihaknya bertanggungjawab menimalisir penyebaran virus corona yang juga rentan hinggap kepada petugas kebersihan.

“Ditengah ajakan dan intruksi Pemerintah untuk kerja dirumah, tenaga kontrak petugas kebersihan adalah salah satu garda terdepan yang juga tidak libur dan tetap bekerja dalam situasi ini,”ujarnya.

Safwansyah menambahkan, pemberian APD tersebut diperuntukan untuk seluruh petugas kebersihan yang bertugas di lapangan. Karena keselamatan dan kesehatan petugas kebersihan sudah seharusnya diperhatikan karena mereka setiap hari mengelola sampah yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Pembagian sekitar 80 APD untuk tenaga kontrak petugas kebersihan dilingkungan DLHK Aceh Utara. Sementara masih ada yang belum menerima peralatan tersebut, nanti akan dibagikan oleh kepala bidang

“Dengan alat perlidungan diri (APD) yang diberikan semoga berkah bagi seluruh petugas kita dan bermanfaat terutama untuk keselamatan petugas dari penularan wabah virus corona,”jelasnya.

Disisi lain, dia menghimbau masyarakat untuk berperan menjaga kebersihan dilingkungan masing – masing, agar tak membuang sampah disembarang tempat. Selain itu, warga agar memilah sampah rumah tangga.

Memilah sampah organik dan anorganik dinilai bisa memberikan manfaat dan bernilai ekonomis. Ia mencontohkan, sampah anorganik seperti kertas bekas, plastik, botol bekas, karton sangat dicari oleh pemulung untuk dijual dan dijadikan uang.

“Selain mengurangi timbulan sampah, sekaligus mengurangi penyebaran virus corona dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat,”kata Kadis LHK Aceh Utara didampingi sekretaris, T.Cut Ibrahim kepada media ini. (Mahdi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.