Aceh Singkil Ditengah Wabah Covid-19

Oleh : Reza Wulandari

Saat ini, dunia sedang digemparkan dengan datangnya wabah covid-19 yang mengakibatkan seluruh sektor menjadi terhambat. Begitupun di Indonesia. Dampak covid-19 begitu kian terasa sampai ke pelosok negeri, temasuk Aceh Singkil.

Di Aceh Singkil, walau sampai saat ini masih berstatus zona hijau, tetapi turut merasakan dampak dari kehadiran wabah ini. Dari segi ekonomi, misalnya. Diawal-awal kehadiran covid-19, dimana berdasarkan surat edaran dari Gubernur Aceh untuk memberlakukan jam malam, status perdagangan di Aceh Singkil menjadi terhambat.

Ditambah dengan adanya razia gabungan dari pihak berwajib, yang datang untuk meminta agar warung-warung kopi ditutup. Hal ini benar-benar menurukan pendapatan dari setiap pengusaha warung kopi.

Selain dari pada itu, dari sektor pendidikan juga terhambat. Sebab sekolah-sekolah dalam hal ini diliburkan (belajar di rumah). Memang materi-materi dikirimkan melalui berbagai macam sosial media yang dapat membantu proses belajar mengajar tetap berjalan. Tetapi, tetap saja hal ini tidak efektif, sebab sejatinya proses belajar mengajar akan dapat berjalan dengan baik jika pembelajaran dilakukan secara langsung (tatap muka).

Selain dari pada itu, pemerintahan juga mengalami kemerosotan anggaran. Dimana seharusnya anggaran yang telah ditetapkan untuk suatu hal atau program, mengalami pemotongan dan harus dialihkan untuk dana upaya pencegahan covid-19, begitupun dengan kantor-kantor dinas, yang diberlakukan sistem shift (pembagian waktu untuk masuk).

Namun demikian, pihak atasan seperti sekda dan jajarannya terus melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan jam kerja para pegawai. Sampai saat ini, larangan untuk tidak membuat keramaian masih sangat diindahkan oleh masyarakat Aceh Singkil. Pesta pernikahanpun tidak dilakukan.

Berbagai macam bentuk acara yang mengundang keramaian dibatalkan. Setiap perbatasan pun terus dijaga oleh petugas agar memastikan tidak adanya warga dari daerah lain yang masuk, sehingga alhamdulillah sampai saat ini Aceh Singkil masih dinyatakan sebagai zona hijau.

Begitu keadaan Aceh Singkil sampai saat ini, sehingga masih terus menjalankan kegiatan seperti biasanya, namun tetap mematuhi protokol himbauan agar memakai masker jika keluar kerumah, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan agar terhindar dari wabah covid-19.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.