1 Kades dan Nakes Terpapar Corona, Kantor Desa dan Puskesmas di Blitar Lockdown

Blitar, Beritaterbit.com – Kantor Desa dan Puskesmas Kecamatan Selopuro di Kabupaten Blitar lockdown atau ditutup sementara. Hal ini ditengarai setelah Kepala Desa dan tenaga kesehatan (nakes) puskesmas diketahui positif terinveksi virus corona (covid-19).

Krisna Yekti (Jubir gugus tugas covid-19) Pemkab Blitar menyatakan penutupan Kantor Desa Selopuro karena Kades Selopuro terkonfirmasi positif Corona.

“Hampir bersamaan dengan Puskesmas Kecamatan Selopuro, karena Rapid Test massal di Selopuro juga termasuk Muspika,” ungkap Krisna pada awal media, Jumat (3/7/2020).

Dijelaskan Krisna, kalau sesuai dengan pengumuman yang tertempel di pagar Kantor Desa Selopuro, Kantor Desa Selopuro ditutup sementara sejak 29 Juni – 5 Juli 2020.Dan juga ada semacam pemberitahuan melalui sebuah kertas ditempelkan dipagar pintu masuk, bertuliskan “Demi keselamatan kita bersama dan terputusnya COVID-19, mulai 29 Juni – 5 Juli 2020 Kantor Desa Selopuro diliburkan”.

“Penutupan kantor desa ini menyusul diterimanya hasil Swab Test, kades yang positif terinfeksi virus Corona,” jelasnya.

Kembali Krisna mengungkapqkan, jika dari hasil Rapid Test massal sekitar 50 orang di Kecamatan Selopuro terdapat 22 orang yang hasilnya reaktif, kemudian langsung diambil Swab Test dan hasilnya 2 terkonfirmasi positif terinfeksi Corona. “Yakni Kades Selopuro dan seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Selopuro, sehingga Puskesmas Kecamatan Selopuro juga dilockdown, sampai 29 Juni – 4 Juli 2020 mendatang,” ungkapnya.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar ini juga menambahkan, keputusan menutup fasilitas layanan umum tersebut, untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19. Jangka waktunya berdasarkan tanggal terakhir pasien positif berinteraksi, lalu ditambah masa isolasi mandiri selama 14 hari imbuhnya.

Sementara itu, Camat Selopuro, Deni Candra Himawan ketika ditanya mengenai pelayanan pada masyarakat mengaku tetap berjalan, walaupun kondisi kantor desa tutup.

“Masyarakat bisa langsung mendatangi rumah perangkat desa setempat, besok Senin 8 Juli 2020 Kantor Desa Selopuro sudah dibuka kembali,” kata Deni.

Untuk saat ini sementara, kegiatan pemerintah desa secara teknis dikoordinir oleh sekdes, dengan tetap koordinasi dan komunikasi dengan kades. “Kondisi Kades Selopuro Alhamdulillah sudah sehat dan masih bisa memberikan arahan pada perangkat desa melalui telepon,” pungkas Camat Selopuro.(Team/San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.